Perayaan Malam 1 Suro



Dalam penamaan kalender Malam 1 Suro atau yang lebih dikenal dengan Tahun Baru Islam 1141 Hijriah atau dikenal juga dengan 1 Muharam yang jatuh pada hari Sabtu 31 Agustus 2019 ini.


Mungkin sebagian orang tidak tahu apa maksud Malam 1 Suro itu.? 

Suro dalam kalender jawa, dimaknai dengan awalan bulan pertama pada kalender jawa yang sudah bercampur dengan agama islam maka disebut "suro".

Kata Suro berasal dari kata "Asyura" dalam bahasa arab lalu karena orang logat orang jawa tidak bisa berbahasa arab yang fasih maka munculah kata "Suro" tersebut, yang dicetuskan atau di sahkan oleh pemimpin kerajaan Mataram Islam yaitu Sultan Agung.

Namun pada dasarnya Sultan Agung masih memadupadankan penaggalan Hijriah Islam dengan Tahun Saka, tuuannya adalah agar dapat merayakan keagamaan ini dengan seluruh umat islam dan menyatukan semuanya.

Dibalik itu semua, Sultan juga ingin menyatukan kembali masyarakat jawa pada masa itu akibat transisi dari Hindu-buda ke Jawa-Islam agar tetap bisa bersatu kembali, Dari tiga kerajaan di pulau jawa ini dengan di adakan Malam 1 Suro selalu rutin mengadakan ritual setiap tahunnya untuk memperingati malam yang sakral itu.


Malam satu suro sebenarnya menitik beratkan pada ketentramkan batin dan keselamaran, karenanya pada malam 1 suro biasanya selalu diselingi dengan ritual pembacaan doa dari semua umat yang hadir untuk merayakan ini.


Dikarenakan Malam 1 Suro adalah awal bulan kalender penamaan jawa yang dianggap sangat sakral, maka biasanya juga digelar acara sakral lainnya salah satunya yaitu pencucian benda-benda peninggalan kerajaan yang lampau, dalam maksud untuk merawat dan melestarikan benda tersebut agar selalu ingat perjuangan para pendahulunya.

Tahun baru telah datang, untuk pengingat dan melihat apa yang sudah kita lakukan di tahun lalu, maka tahun baru ini menjadi awal kita untuk memperbaiki kualitas ibadah untuk masa depan nanti 

Terimakasih untuk selalu senatiasa membaca artikel di blog ini, jangan lupa tinggalkan jejak komentar kalian, dan share artikel ini agar semua dapat menyebarkan kebaikan yang akan datang.

Posting Komentar

Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak